Pro Mark : Bagi teman-teman yang memiliki artikel untuk dimuat pada jurnal ini dapat dikirimkan kepada kami, dapat via e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau ikbali@yahoo.com atau sedan_alus@yahoo.com

Kamis, 29 Maret 2012

PENGARUH EVENT SPONSORSHIP TERHADAP BRAND IMAGE DISTRO LINOLEUM

Oleh : I Made Wirya Suputra & Christine Sylvani Novita

Publikasi pada : ProMark Vol.2 No.2 Desember 2011, hal.107-120, ISSN : 2087-3077

ProMark Reg :0031211

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penilaian konsumen terhadap event sponsorship dan pengaruh event sponsorship terhadap brand image Distro Linoleum. Pengukuran dilakukan dengan mengukur variabel event sponsorship sebagai variabel X dan variabel brand image sebagai variabel Y. Ada pun dimensi variabel X yang diukur adalah target audience, brand image reinforcement, extendibility, brand involvement, other sponsor. Dimensi variabel Y yang diukur attribute brands, aspirational brands. Sampel yang digunakan adalah 100 responden yang pernah menyaksikan langsung event yang disponsori oleh Distro Linoleum.

Analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif, analisis korelasi dan analisis regresi.

Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penilaian responden mengenai event sponsorship dan brand image Distro Linoleum adalah baik.Sedangkan korelasi antara event sponsorship terhadap brand image Distro Linoleum sebesar 66 % yang menyatakan bahwa event sponsorship dan brand image menunjukkan hubungan yang kuat. Sementara itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dengan menggunakan tingkat kepercayaan sebesar 90%, event sponsorship berpengaruh sebesar 46% terhadap brand image perusahaan.

Kata Kunci : Event Sponsorship, Brand Image


I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Distro Linoleum merupakan salah satu perusahaan yang mempromosikan produknya melalui event sponsorship. Distro Linoleum banyak mensponsori event-event yang beraliran musik-musik underground ataupun band indie yang saat ini jenis musik tersebut banyak digemari oleh para kawula muda.

Event sponsorship yang dilakukan oleh Distro Linoleum memang diakui sebagai bentuk promosi yang cukup menonjol dan mendapatkan banyak perhatian dari berbagai kalangan. Tentu ini dimaksudkan untuk menciptakan dan . . . . .. . . (baca_selengkapnya )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar