Pro Mark : Bagi teman-teman yang memiliki artikel untuk dimuat pada jurnal ini dapat dikirimkan kepada kami, dapat via e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau ikbali@yahoo.com atau sedan_alus@yahoo.com

Kamis, 29 Maret 2012

CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY : Apa, Bagaimana, dan Manfaatnya?

Oleh: Imam Kambali

Publikasi pada : ProMark Vol.2 No.2 Desember 2011, hal.164-175, ISSN : 2087-3077

ProMark Reg :0071211

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa, bagaimana, dan manfaat Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh perusahaan.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan data sekunder berupa : arsip,jurnal, majalah, koran, dll yang terkait dengan CSR.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa CSR merupakan komitmen kepedulian perusahaan dengan menyisihkan sebagian keuntungannya (profit) bagi kepentingan pembangunan manusia (people) dan lingkungan (planet) secara berkelanjutan berdasarkan prosedur (procedure) yang tepat dan profesional; bahwa CSR diselenggakan oleh perusahaan dengan model : (1). Keterlibatan langsung Perusahaan. (2). Melalui yayasan atau organisasi sosial perusahaan. (3). Bermitra dengan pihal lain. (4). Mendukung atau bergabung dalam suatu konsorsium. Sedangkan manfaat CSR ada tiga sisi, yaitu : a) manfaat bagi Perusahaan b) Manfaat bagi Masyarakat, dan c) Manfaat bagi Pemerintah. Kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia yang belum melakukan CSR disarankan agar menyelenggarakan CSR.

Kata Kunci : CSR, Perusahaan, masyarakat, Indonesia.


PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah

Di era persaingan yang makin ketat antar perusahaan satu dengan perusahaan yang lain dan masyarakat yang makin peduli terhadap lingkungan atas operasional suatu perusahaan, maka sudah saatnya perusahaan harus merubah orientasi pemasarannya dari konsep berorientasi : produk, penjualan, dan konsep pemasaran, ke konsep pemasaran masyarakat. Hal ini sesuai dengan pendapat Kotler (2002, 29) yang menegaskan bahwa konsep pemasaran masyarakat menuntut pemasar untuk memasukkan pertimbangan-pertimbangan sosial dan etis ke praktik pemasaran. . . . . (baca_selengkapnya )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar