Oleh: Imam Kambali
ProMark Reg :0071211
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa, bagaimana, dan manfaat Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh perusahaan.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan data sekunder berupa : arsip,jurnal, majalah, koran, dll yang terkait dengan CSR.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa CSR merupakan komitmen kepedulian perusahaan dengan menyisihkan sebagian keuntungannya (profit) bagi kepentingan pembangunan manusia (people) dan lingkungan (planet) secara berkelanjutan berdasarkan prosedur (procedure) yang tepat dan profesional; bahwa CSR diselenggakan oleh perusahaan dengan model : (1). Keterlibatan langsung Perusahaan. (2). Melalui yayasan atau organisasi sosial perusahaan. (3). Bermitra dengan pihal lain. (4). Mendukung atau bergabung dalam suatu konsorsium. Sedangkan manfaat CSR ada tiga sisi, yaitu : a) manfaat bagi Perusahaan b) Manfaat bagi Masyarakat, dan c) Manfaat bagi Pemerintah. Kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia yang belum melakukan CSR disarankan agar menyelenggarakan CSR.
Kata Kunci : CSR, Perusahaan, masyarakat, Indonesia.
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar