Kanaidi dan Dadang Setiawan
Publikasi pada : ProMark Vol.2 No.2 Desember 2011, hal.96-106, ISSN : 2087-3077
ProMark Reg :0021211
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan pengguna laptop merek Toshiba, Lenovo dan Sony, dengan sub variabel penelitian tersebut berfokus pada segi penampilan, kualitas, kekuatan, kehandalan, garansi, dan pelayanan distributor.
Penelitian ini dilakukan terhadap 75 pengguna laptop dari masing-masing merek Toshiba, Lenovo, dan Sony di wilayah Bandung sebagai sampel penelitian. Data primer didapat melalui wawancara dan kuesioner yang validitas dan reliabilitasnya telah diuji terlebih dahulu.
Data yang didapat dianalisis secara deskriptif dengan membandingkan antara kinerja produk yang dirasakan dengan yang diharapkan pengguna laptop dari masing-masing merek Toshiba, Lenovo dan Sony di wilayah Bandung dengan menggunakan dimensi yang ada.
Dari hasil penelitian didapati bahwa tingkat kepuasan pelanggan produk laptop merek Toshiba berada pada penilaian belum puas, sedangkan untuk produk laptop merek Lenovo pelanggan merasa puas dan untuk produk laptop merek Sony pelanggan merasa belum puas. Dari masing-masing dimensi yang masih membutuhkan perbaikan dari laptop merek Toshiba adalah pada dimensi Durability (daya tahan), dimensi Relibility (keandalan) dan dimensi Serviceability (pelayanan). Dimensi yang masih membutuhkan perbaikan pada laptop merek Lenovo adalah pada dimensi Durability (daya tahan). Dimensi yang masih membutuhkan perbaikan pada laptop merek Sony adalah pada dimensi Relibility (keandalan).
Kata kunci : Kepuasan pelanggan, Feature, Durability, Reliability, Servicetability, Design, dan Merek
Latar Belakang Masalah
Perkembangan dunia saat ini memasuki tahap baru dalam dunia bisnis dimana globalisasi mengakibatkan ruang gerak pebisnis lebih luas. Para pelaku bisnis lebih memiliki ruang untuk memasarkan produk mereka. Hal tersebut membuat persaingan antar pelaku bisnis lebih ketat. Seperti yang tertulis di dalam harian umum Pikiran Rakyat (2004), menjelaskan bahwa terjadinya persaingan dalam dunia bisnis tak . . . . .. . . (baca_selengkapnya )Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar