Pro Mark : Bagi teman-teman yang memiliki artikel untuk dimuat pada jurnal ini dapat dikirimkan kepada kami, dapat via e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau ikbali@yahoo.com atau sedan_alus@yahoo.com

Kamis, 29 Maret 2012

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI POLITEKNIK POS INDONESIA

Oleh : Imam Kambali

Publikasi pada : ProMark Vol.2 No.2 Desember 2011, hal.121-137, ISSN : 2087-3077

ProMark Reg :0041211

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar tingkat hubungan antara kualitas layanan perpustakaan dengan kepuasan mahasiswa dan seberapa besar pengaruh kualitas layanan yang berdimensi : reliability, responsiveness, , assurance, empathy, dan tangibility, terhadap kepuasan mahasiswa pengguna perpustakaan berdasarkan persepsi mahasiswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara kualitas layanan perpustakaan dengan kepuasan mahasiswa sangat rendah, dan kualitas layanan perpustakaan berpengaruh sebesar 12,2% terhadap kepuasan mahasiswa, serta hanya dimensi reliability yang paling berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa.

Kata kunci : service quality, satisfaction, dan perpustakaan Poltekpos


1. PENDAHULUAN

1.1. Latar belakang

Perpustakaan merupakan urat-nadi ilmu dan pengetahuan bagi suatu institusi perguruan tinggi. Jika urat-nadi ini tidak terkelola dengan tepat, maka dapat menyebabkan tersendatnya pengembangan keilmupengetahuanan di perguruan tinggi tersebut. Perpustakaan juga merupakan salah satu cermin akan kualitas suatu perguruan tinggi. Sehingga timbul pameo : Jika ingin tahu apakah suatu perguruan tinggi itu bermutu atau tidak, maka pertama-tama lihatlah perpustakaannya. Salah satu indikatornya adalah apakah perpustakaannya disenangi atau sering dikunjungi oleh para mahasiswa, dosen, atau pengguna lainnya. Jika jawabannya ya, maka dapat ditebak perguruan tinggi . . . .. . . (baca_selengkapnya )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar