Pro Mark : Bagi teman-teman yang memiliki artikel untuk dimuat pada jurnal ini dapat dikirimkan kepada kami, dapat via e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau ikbali@yahoo.com atau sedan_alus@yahoo.com

Jumat, 12 November 2010

ANALISIS TANGGAPAN KONSUMEN TERHADAP IKLAN MENTARI DI PT. INDOSAT, Tbk. PURWAKARTA PADA MEDIA BILLBOARD

Oleh: Asrofah Dan Roberta Irna

(Dipublikasikan pada : ProMark Vol.1 No.2 Desember 2010, hal.100-110)

ProMark Reg :0031210

ABSTRACT

The research target is to know if there are any positive or negative response from customer about the Mentari product advertisement on billboard media. There was any survey done in Purwakarta to get the data which can be used to analyse the research. To measuring the customer response about billboard advertisement used by customer response dimension, they are Attention, Interest, Desire, and Action (Kotler 2005 ) and the dimension billboard media effectivity like reach, frequency, continuity, size, color, influence ( Kasali, 1992 ). Questioner indication was analised by description ( Sugiyono, 2003) and used by Fishbein attitude ( Umar, 2003 ).

The result of research showed there is any customer response equal to 10,5135 and the maximum score is equal to 37,51, so there was can be concluded good that in the promoting Mentari product on the billboard media.

Refer to the conclusion so PT. Indosat, Tbk. Purwakarta should be studying more detail about media effectivity with allocate the billboard promotion cost from the other promotion media which there is more effective then billboard, for example is event.

Key Word : The customer response to billboard media


Tangapan Konsumen

Setelah menentukan tanggapan yang diinginkan dari audiens, komunikator selanjutnya mengembangkan pesan yang efektif. Idealnya, pesan tersebut harus mendapatkan perhatian (attention), menarik minat (interest), membangkitkan keinginan (desire), dan menyebabkan tindakan (action), atau model AIDA.

Perumusan pesan akan memerlukan pemecahaan empat masalah: apa yang akan dikatakan (isi pesan), bagaimana mengatakannya secara logis (struktur pesan), bagaimana mengatakannya secara simbolis (format pesan), dan siapa yang seharusnya mengatakannya (sumber pesan).

Iklan Pada Media Billboard

Billboard atau papan reklame termasuk media luar ruang atau out of home media yang memiliki peluang menjangkau konsumen lebih banyak. Biasanya media ini di pasang di perempatan jalan atau di sisi jalan menghadap kearah pengemudi kendaraan, dan kini penggunaanya semakin semarak.Billboard sebagai outdoor promotion memiliki intensitas dan dampak yang berbeda dilihat dari jenis kontruksi yang dimiliki (Kennedy 2006).

Kelebihan lain dari billboard adalah dimungkinkannya terjadinya visual berkali-kali tanpa membutuhkan biaya bongkar pasang yang tinggi. Sayangnya, kelebihan out of home mediadibanding dengan tayangan iklan di televisi masih jauh, khususnya dalam perolehan cakupan raihan dan intensitasnya. Di sisi lain, media ini juga memiliki kelebihan, yaitu frekuensi yang tinggi dan lebih murah dibanding dengan iklan di televisi. Pada penyajian iklan di televisi, khalayak dapat dengan mudah mengabaikan pesan dengan cara berpindah kesaluran lainnya, dan jika daya rangsang pada billboard lebih tinggi maka pengabaian pesan dapat diperkecil. Setiap kali khalayak melalui jalan itu setiap harinya dan khalayak tanpa disadari melihat visual yang terpampang pada billboard, inilah yang menjadi salah satu kelebihan dari out of home media.

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si*(Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management). Begitu juga bagi teman-teman yang Artikelnya akan dimuat pada Jurnal tersebut, e-mail ke :kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id


Butuh Artikel lainnya?, click di :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar