Pro Mark : Bagi teman-teman yang memiliki artikel untuk dimuat pada jurnal ini dapat dikirimkan kepada kami, dapat via e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau ikbali@yahoo.com atau sedan_alus@yahoo.com

Rabu, 10 November 2010

ANALISIS PENILAIAN KINERJA PEGAWAI DI POLITEKNIK POS INDONESIA

IMAM KAMBALI
(Dipublikasikan pada : ProMark Vol.1 No.2 Desember 2010, hal.111-122)

ProMark Reg :0041210

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penilaian kinerja di Politeknik Pos Indonesia. Penelitian dilakukan terhadap beberapa pegawai di beberapa bagian di Politeknik Pos Indonesia sebagai sampel penelitian yang mewakili populasi. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara, dan kuesioner, yang validitas dan reliabilitasnya telah diuji terlebih dahulu.Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecuali tenaga kontrak (non-tetap) semua pegawai dinilai setiap tahun, setiap pegawa belum dibuatkan job deskription dan yang memuat target/sasaran, belum ada nilai baku sehingga penilaian cenderung subyektif oleh penilai, waktu penilaian setelah berakhir tahun penilaian sehingga tidak ada waktu untuk menyelesaikan target/pemenuhan kinerja, dan hasil penilaian belum menjadi dasar kenaikan gaji/jabatan pegawai.
Karena penilaian sangat penting bagi pegawai dan kinerja politeknik, maka disarankan agar semua pegawai dinilai tanpa memandang level/jabatan, setiap pegawai dibuatkan job description dan memuat target masing-masing pegawai (sebagai acuan kinerja) ,dibuat nilai baku sebagai acuan sehingga penilaian objektif diketahui oleh penilai dan ternilai, penilaian dilakukan 2 kali dipertengahan tahun dan akhir tahun, sehingga jika target belum tercapai manajemen dapat mengarahkan, dan diadakan penelitian lebih lanjut agar hasil penilaian kinerja bermanfaat bagi pegawai (kenaikan gaji) dan Politeknik Pos Indonesia.
Kata Kunci : Penilaian Kinerja dan Politeknik Pos Indonesia.

Politeknik Pos Indonesia merupakan salah satu perguruan tinggi vokasional di Republik Indonesia, yang didirikan berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional Nomor 56/D/0/2001.

Untuk mencapai visi dan misi serta kinerja Politeknik Pos Indonesia, selain dibutuhkan operasional yang unggul, juga sumber daya lainnya, terutama sumber daya manusia yang handal. Sebab, sistem operasional yang unggul tidak akan dapat berjalan dengan baik tanpa didukung oleh sumber daya manusia yang handal.
Untuk memperoleh dan mengetahui (mengukur) sumber daya manusia Politeknik Pos Indonesia Nadal yang, antara lain, ditandai dengan keberhasilan masing-masing pegawai (kinerja) dalam melaksanakan tugas, maka setiap akhir tahun perlu dilakukan penilaian kinerja terhadap kinerja sumber daya manusianya.


Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si*(Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management). Begitu juga bagi teman-teman yang Artikelnya akan dimuat pada Jurnal tersebut, e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id


Butuh Artikel lainnya?, click di :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar