ISSN : 2087-3077
Jurnal 6 (enam) bulanan yang diterbitkan oleh Jurusan Manajemen Pemasaran Politeknik Pos Indonesia, memuat artikel ilmiah yang berkaitan dengan topik/tema "Bisnis dan atau Pemasaran"
Kamis, 21 Oktober 2010
ProMark : "Jurnal Nasional MARKETING & BUSINESS"
ISSN : 2087-3077
Selasa, 19 Oktober 2010
ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) SEBAGAI ALAT PENILAIAN KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN
Oleh: Suparno Saputra, SE.,MM
Dosen Tetap Jurusan Pemasaran Politeknik Pos Indonesia
(Artikel Dipublikasikan pada ; ProMark Vol.1 No.1 Juni 2010, hal.13-20)
ProMark Reg :0020610
Ketika perusahaan menyusun rencana kegiatan usaha, maka diperlukan proses pengambilan keputusan yang menuntut ketepatan sesuai dengan situasi lingkungan yang akan dihadapi. Agar proses pengambilan keputusan dimaksud dapat dipertanggung jawabkan, maka diperlukan teknik yang tepat sehingga pilihan yang telah diambil tidak salah dan merugikan perusahaan. Analytical Hierarchy Process (AHP) adalah suatu teknik kuantitatif yang dapat membantu memudahkan pimpinan perusahaan menyelesaikan secara terstruktur persoalan yang dihadapi dengan atribut/element/dimensi persoalan multi-kompeks, serta mampu menyajikan metodologi yang objektif untuk menentukan keputusan di antara serangkaian alternatif solusi strategis yang harus dipilih.
Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si*(Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management). Begitu juga bagi teman-teman yang Artikelnya akan dimuat pada Jurnal tersebut, e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
Related Posting :
Daftar-Judul-Hasil-PENELITIAN-Relevan
FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN TRAINING DARI CODE DIVISION PT. ASPROS BINAREKA DI BANDUNG
Oleh : Senny Handayani, Rizki Tribowo dan Januar Habibi
Jurusan Manajemen Pemasaran Politeknik Pos Indonesia
(Artikel Dipublikasikan pada ; ProMark Vol.1 No.1 Juni 2010, hal.50-68)
ProMark Reg :0050610
CODE Division PT. Aspros Binareka adalah salah satu dari sekian banyak instansi yang memberikan layanan jasa dibidang training untuk memberikan kemudahan bagi konsumen terhadap pengembangan sumber daya manusia, harus mengetahui kelengkapan produk yang dirancang oleh bagian pemasaran dalam divisi khususnya mengenai atribut produk yang akan dipasarkan karena hal tersebut akan mempengaruhi kesadaran dan loyalitas pelanggan.
Dengan menggunakan analisis dekriptif frekuensi yang diolah dalam bentuk scoring, dapat diketahui penilaian kosumen terhadap faktor-faktor yang harus menjadi perhatian penting oleh CODE Division PT. Aspros Binareka terhadap atribut produk layanan yang ditawarkan berdasarkan urutan prioritas hasil pengolahan data serta faktor-faktor dominan apa dari atribut produk yang dipertimbangkan konsumen dalam memutuskan menggunakan layanan training dari CODE Division PT. Aspros Binareka dengan sudut pandang dalam penelitian ini dilihat melalui atribut produk jasa atau layanan yang diberikan.
Dari hasil analisis deskriptif frekuensi dalam bentuk scoring menunjukkan bahwa faktor yang harus diperhatikan untuk memperoleh penilaian yang baik dari pelanggan yaitu dari subvariabel kualitas produk adalah dengan indikator harga yang mendapatkan penilaian tidak setuju bahwa harga menjadi pertimbangan utama. Dari pemilihan layanan dan peralatan (properti) yang digunakan, hanya mendapatkan penilaian netral serta dari subvariabel kemasan yaitu ciri khas dari kegiatan yang diadakan hanya mendapatkan penilaian netral dari para pelanggan. Sedangkan faktor-faktor dominan dari atribut produk yang merupakan penilaian pelanggan yaitu dari subvariabel warna dengan indikator ketepatan materi yang disampaikan, dari subvariabel pelayanan dengan indikator keramahan karyawan serta tenaga ahli, dari subvariabel label dengan indikator slogan dan dari subvariabel distribusi dengan indikator kemudahan akses informasi. Sangat perlu diperhatikan oleh CODE Division PT. Aspros Binareka mengenai penilaian dari konsumen dan faktor-faktor yang turut dipertimbangkan oleh konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian.
Kata kunci: keputusan pembelian, atribut produk
Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si*(Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management). Begitu juga bagi teman-teman yang Artikelnya akan dimuat pada Jurnal tersebut, e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
Related Posting :